Arduino: Mudah belajar robotik (keren)!

Beberapa pertanyaan sempat masuk ke inboks saya terkait dengan bagaimana belajar robotika dengan mudah.. yach begitulah… semua kepenginnya belajar dengan mudah (dan juga kalo bisa murah).. Baiklah akan saya jawab melalui tulisan di blog saya ini…

Okey! Kalo perkara “mudah” atau “murah” itu relatif sifatnya, namun yang pasti, sahabat saya mas Firmansyah Saftari telah membuatkan buku untuk belajar robotika, pake Arduino, judulnya “Proyek Robotik Keren dengan Arduino” (gambar cover-nya ada di samping).

Well mengapa pake platform Arduino? Yach begitulah, Arduino sudah dikenal dengan platform untuk belajar dan mengembangkan aplikasi berbasis mikrokontroler yang mudah (dan juga relatif murah). Penjelasan detil ya tentu saja ada di website Arduino-nya. So belajar robotika menggunakan Arduino diharapkan menjadi lebih mudah (dan juga relatif lebih murah).

Buku ini berisikan 5 (lima) bab, yaitu: Pengenalan Arduino, Persiapan proyek dengan Arduino, Proyek Latihan dengan Arduino, Proyek Robotik dengan Arduino dan Referensi Sensor. Bagian utama ya ada di bab 4 (empat) “Proyek Robotik dengan Arduino”, intinya kalo Anda berharap akan banyak penjelasan detil-detil terkait program, lupakan. Buku ini isinya ringkas sekali (hanya total 116 halaman untuk sebuah buku belajar robotika), sifatnya to-the-point, gak pake ribet, gak bertele-tele, pokoknya kas ringkas! Ini aplikasinya, ini sketch (program)-nya, upload, lihat/perhatikan hasilnya!

Begitu ringkasnya, sehingga Anda diajak untuk ‘mikir’ mengapa program-nya bisa begitu yach? Misalnya saja di pasal 4.3 tentang “Pengukur Jarak Ultrasonik”, ini kebutuhan perangkat kerasnya, ini programnya, upload, perhatikan hasilnya! Mengapa kok programnya begitu? Kenapa bisa? Lha kok…? Untuk pemula tentunya akan bertanya-tanya seperti itu, kecuali untuk pemula yang cuek… biarin aja yang penting aseeeek! Hahaha…

Oke… oke… kalo ada yang tanya… wah susah juga cari komponen-komponen nya itu… terus bikin struktur robot seperti di buku gimana ya…? Maklum om, disini jauh dari peradaban, beli resistor aja susah apalagi sensor-sensor yang dipake di buku tsb… Tolong donk solusinya bagaimana?? Nah, alhamdulillah mas Saftari selain bikin bukunya, juga bikin paket lengkapnya di Paket Komponen Pelengkap Buku “Proyek Robotik Keren dengan Arduino”, kalo belinya sich di Tokopedia.

Ok bagaimana? tertarik? silahkan saja beli bukunya dan kalo perlu paket pembelajarannya sekalian… Silahkan…

Catatan penting:

  • Jika Anda gak suka Arduino, tapi masih ingin belajar mikrokontroler dengan mudah (dan gratis) silahkan unduh ebooknya disini, kalo tanya passwordnya, ketik saja ‘gratisan’ – tanpa tanda petik!
  • Jika Anda yang lebih mudah, pake bahasa BASIC untuk memprogram mikrokontroler, silahkan cek informasi yang saya sediakan disini.
  • Semoga bermanfaat! Thanks alot!
Advertisements
This entry was posted in arduino, Mikrokontroler, robotika and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s