Belajar Sensor dan Aktuator menggunakan Grove Starter Kit

Pendahuluan

Grove is a modular electronics platform for quick prototyping that does not involve soldering or bread boarding. Simply plug the Grove modules into the Grove shield and leverage the example code provided for each Grove module. The Grove Starter Kit contains a multitude of sensors and actuators, so you can start messing around with projects. (Grove at Wikipedia)

Pernahkah sobat terbayangkan membuat purwarupa pengukur suhu dengan tampilan LCD tanpa harus menggunakan breadboard atau solder-menyolder, cuman colokin-colokin saja kayak lego? Atau bikin kontrol servo menggunakan potensiometer? Atau bikin kontrol LED menggunakan sensor cahaya?

Yah bisa jadi penggunaan breadboard atau kegiatan solder-menyolder menjadi hambatan untuk tetap terus belajar… atau memang enggan pake simulator yang harus di-crack sehingga merasa berdosa menggunakan perangkat lunak ilegal… lagian juga kalo bisa dicoba secara nyata… secara real, why not? iya nggak…?

[jika Anda berdomisili di DIY atau Jawa Tengah, bergabunglah dengan komunitas Arduino Joglosemar]

Nah alhamdulillah… sudah ada yang bikin modul dengan nama Grove Starter Kit yang berisikan sekitar 11 modul plus 1 buah shield dasar (base shield) yang bisa digunakan bersama dengan Arduino — sebuah platform mikrokontroler yang saat artikel ini ditulis mengalami booming alias nge-trend luar biasa!

Tentang Grove

Grove Starter Kit v3.0

Sejak awal, Grove memang ditujukan untuk sarana belajar yang praktis, seperti pada Lego, bagian-bagian sensor dan aktuatornya dibikin dalam bentuk modul-modul yang tinggal dicolokin ke base shield yang sudah disediakan.

Perhatikan gambar Grove Starter Kit v3.0, itulah isi paket yang Anda peroleh dalam paket penjualannya (klik disini untuk salah satu tokonya). Tidak hanya itu! Karena basisnya adalah Arduino, maka tidak lupa pula disertakan juga contoh2 program-nya (klik disini untuk mengunduhnya).

Daftar Modul Paket Grove Starter Kit v3.0

  • 1 x Base Shield
  • 1 x Grove – LCD RGB Backlight
  • 1 x Grove – Smart Relay
  • 1 x Grove – Buzzer
  • 1 x Grove – Sound Sensor
  • 1 x Grove – Touch Sensor
  • 1 x Grove – Rotary Angle Sensor
  • 1 x Grove – Temperature Sensor
  • 1 x Grove – LED
  • 1 x Grove – Light Sensor
  • 1 x Grove – Button
  • 1 x DIP LED Blue-Blue
  • 1 x DIP LED Green-Green
  • 1 x DIP LED Red-Red
  • 1 x Mini Servo
  • 10 x Grove Cables
  • 1 x 9V to Barrel Jack Adapter
  • 1 x Grove starter kit Manual
  • 1 x Green Plastic Box

Detil Modul Grove Starter Kit v3.0

Grove – Base Shield

Grove Base Shield

Ini adalah shield utama yang digunakan sebagai “jembatan” antara Arduino dengan modul-modul sensor/aktuator Grove. Perhatikan gambar Grove Base Shield, terdapat beberapa catatan:

  • Terdapat 7 (tujuh) kanal digital D2 sampai D8, masing-masing pada Arduino terkait dengan kanal digital 2 sampai 8. Untuk saluran PWM bisa menggunakan kanal D3, D5 dan D6 sesuai dengan yang di Arduino;
  • Terdapat 4 (empat) kanal analog A0, A1, A2 dan A3, masing-masing pada Arduino terkait dengan kanal masukan ADC-0 hingga ADC-3;
  • Terdapat kanal I2C yang bisa dihubungkan ke 4 (empat) piranti, kanal ini langsung terhubung dengan kanal I2C pada Arduino-nya. Kanal I2C terdiri dari 2 saluran yaitu SCL dan SDA (selain untuk GND), SCL digunakan sebagai saluran detak atau clock sedangkan SDA untuk data – info lebih lanjut tentang I2C bisa dibaca di wikipedia;
  • Terdapat sebuah kanal untuk komunikasi serial UART (terhubungkan pada D0 dan D1 pada Arduino yang memang bisa untuk masukan digital atau saluran serial).

Jika Anda menggunaka Arduino UNO atau kloningan-nya silahkan atur tegangan ke 5V (saklar yang dekat dengan tombol reset atau RST, lihat gambar). Informasi lebih lanjut bisa dibaca melalui tautan base shield.

Grove – LCD RGB Backlight

Grove – LCD RGB Backlight

Untuk urusan tampilan bisa menggunakan modul LCD ini, yang uniknya menggunakan antarmuka I2C (biasanya menggunakan 4 pin atau 8 pin paralel) dan dengan lampu latar RGB, ya tepat! Tidak salah! Lampu latar RGB — hmm bayangkan berbagai macam warna-warni yang bisa ditampilkan pada lampu latar LCD ini. Modul ini merupakan modul LCD 2×16, artinya… Anda bisa menampilkan full text 16 karakter dalam 2 baris!

Grove – Relay

Grove Relay

Bayangkan jika Anda harus mengendalikan peralatan dimana peralatan tersebut memiliki besar tegangan yang berbeda dengan Arduino-nya, bisa 9V, bisa 12 V dan seterusnya, atau barangkali malah tegangan AC. Nah tentu saja dibutuhkan sebuah relay! Informasi lebih lanjut untuk modul relay ini bisa dibaca melalui tautan ini.

Grove – Buzzer

Gove Buzzer

Mau alarm? Atau sekedar menyanyikan lagu “twinkle-twinkle litle star“? Gunakan modul buzzer ini, hubungkan ke kanal digital untuk alarm sederhana atau kanal PWM untuk menyanyikan lagu-lagu kesukaan Anda. Informasi lebih lanjut untuk modul buzzer ini bisa dibaca melalui tautan ini.

Grove – Sound Sensor

Grove Sound Sensor

Modul ini, yang terdiri dari sebuah mikrofon dan penguat operasional LM358, dapat digunakan untuk mendeteksi kekuatan atau daya suara. Luarannya berupa sinyal analog, sehingga bisa dihubungkan ke saluran analog terkait pada base shield. Info lengkap bisa dibaca melalui tautan ini. Spesifikasinya sebagai berikut:

  • Jangkauan tegangan kerja: 4 hingga 12V
  • Arus operasional (Vcc=5V): 4-8mA
  • Penguatan tegangan (VS=6V, f=1 kHz): 26dB
  • Sensitifitas mikrofon (1Khz): 52-48dB
  • Impedansi mikrofon: 2.2KΩ
  • Frekuensi mikrofon: 16-20Khz
  • Rasio S/N mikrofon: 54dB

Grove – Touch Sensor

Grove Touch Sensor

Jika yang dibutuhkan adalah sentuhan, bukan penekanan, maka modul sensor sentuhan ini sangat cocok untuk aplikasi Anda. Sensor kapasitansi-nya mampu mendeteksi jari tanpa harus menyentuh, artinya pada saat jari mendekati dengan rapat atau hingga menyentuh, maka luaran-nya selalu HIGH. Walau ada pembatas kertas sekalipun, mampu mendeteksi jari Anda! Mengapa bisa terjadi? Karena modul ini dilengkapi dengan IC TTP223 (1 Key Touch Pad Detector IC). Informasi lebih lengkap bisa dibaca melaui tautan berikut.

Grove – Rotary Angle Sensor

Grove Rotary Angle Sensor

Perhatikan gambar Grove Rotary Angle Sensor, ternyata ini adalah modul potensiometer biasa 10 kohm! Luarannya antara tegangan 0 volt hingga Vcc dan memiliki jangkauan putaran hingga 300 derajat, dengan demikian tegangan yang dihasilkan mampu memberitahukan sudut berapa putaran potensiometer tersebut. Jadi selain memberikan luaran tegangan, bisa dilakukan konversi menjadi sekian derajat, informasi selengkapnya klik disini.

Grove – Temperature Sensor

Grove Temperature Sensor

Modul ini menggunakan termistor untuk mendapatkan informasi suhu lingkungan. Nilai resistansi dari termistor akan naik seiring dengan suhu yang menurun. Suhu yang bisa terdeteksi dengan modul sensor ini adalah -40 hingga 125ºC dan akurasinya ±1.5ºC. Informasi lebih lanjut silahkan klik disini.

Grove – LED

Grove LED Socket Kit

Modul ini sebenarnya adalah sekedar colokan atau soket untuk salah satu dari tiga LED yang disediakan dalam paket Grove Starter Kit v3.0 (merah, biru dan hijau). Namun tidak sekedar colokan, ada potensiometer yang digunakan untuk mengatur nyala terangnya LED yang dicolok-kan. Informasi dan rangkaian lengkap dari modul ini bisa dibaca disini.

Grove – Light Sensor

Grove Light Sensor

Modul sensor cahaya ini menggunakan LDR atau Light Dependent Resistor. Nilai resistansi dari LDR atau fotoresistor akan berkurang seiring dengan intensitas cahaya ruangan yang meningkat. Luarannya akan bernilai HIGH pada saat intensitas cahaya ruangan dalam kondisi terang benderang. Informasi selengkapnya bisa dibaca melalui tautan berikut ini.

Grove – Button

Grove Button

Sudah jelas ini adalah modul tombol tekan alias button.

Grove – Servo

Motor Servo

Modul motor servo, dikontrol menggunakan sinyal PWM (melalui kanal D3, D5 atau D6).

Hal dan tautan lainnya

This entry was posted in arduino, Mikrokontroler and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Belajar Sensor dan Aktuator menggunakan Grove Starter Kit

  1. Pingback: E-Learning – Kanal Pengetahuan dan Informasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s