5 Langkah Nyaman dan Aman Mengatur Sumber Clock pada Mikrokontroler AVR

Setelah saya memposting artikel tentang sumber detak atau clock source pada Mikrokontroler AVR, beberapa email maupun SMS masuk untuk menanyakan lebih lanjut langkah demi langkah bagaimana melakukan pengaturan konfigurasi kristal yang nyaman dan aman, khususnya menggunakan pemrogram USBasp dan Khazama AVR Programmer. Jika Anda menjumpai artikel ini dan belum membaca tentang sistem detak pada Mikrokontroler AVR, saya sarankan untuk membacanya terlebih dulu. Selebihnya saya berasumsi bahwa saat ini Anda sudah membaca artikel tentang sistem detak Mikrokontroler AVR dan sudah menghubungkan mikrokontroler yang ingin Anda konfigurasi kristalnya dengan USBasp, kemudian jalankah perangkat lunak Khazama (saya pilih karena ‘nyaman’ dipakai, berdasar pengalaman) – untuk penggunaan dengan AVR Studio dan pemrogram AvR ISP MKII silahkan merujuk artikel saya disini).

Langkah-1

Aktifkan Khazama AVR Programmer dan pilih mikrokontroler yang digunakan, Gambar 1 menunjukkan contoh tampilan dengan pilihan ATMega32, silahkan Anda sesuaikan mikrokontroler-nya.

Gambar 1

Langkah-2

Cek dulu konektivitas mikrokontroler dan USBasp dengan melakukan pembacaan identifikasi mikrokontroler menggunakan menu Command -> Read Signature (perhatikan Gambar 2). Jika belum berhasil (tidak terbaca atau tidak cocok antara mikrokontroler yang dipilih dengan kenyataannya), maka lakukan pengecekan ulang terhadap rangkaian Anda secara menyeluruh (catu daya, pin ISP-nya, dll).

Gambar 2

Langkah-3

Penting dilakukan untuk membaca terlebih dulu bit-bit Fuse dan Lock pada mikrokontroler AVR Anda melalui menu Command -> Fuses and Lock Bits… (atau dengan shortcut Ctrl+A, perhatikan Gambar 3), sehingga ditampilkan kotak dialog Fuses and Lock Bits Settings (perhatikan Gambar 4). kemudian klik tombol Read All untuk membaca seluruh konfigurasi bit-bit Fuse dan Lock, contoh hasilnya ditunjukkan pada Gambar 5.

Gambar 3

Gambar 4

Gambar 5

Langkah-4

Carilah pilihan L Fuse (scroll ke bawah), sebagaimana contoh tampilannya ditunjukkan pada Gambar 6. Perhatikan, jika mikrokontroler Anda baru (termasuk belum pernah diotak-atik bit-bit Fuse dan Lock-nya), maka tampilan untuk sumber detak-nya ditunjukkan pada Gambar 6 tersebut (Int. RC Osc. 1MHz; Start-up timer: 6 CK + 64ms). Artinya, itu adalah pengaturan dari pabrik (default) dan Anda langsung bisa menggunakan mikrokontroler AVR tanpa harus menggunakan kristal eksternal karena sudah disetel menggunakan osilator internal sebesar 1MHz.

Gambar 6

Langkah-5

Sekarang pilih konfigurasi sumber detak yang diinginkan, biasanya untuk penggunaan kristal eksternal (misalnya, 7.3728MHz, 11.0592MHz, 12MHz, 16MHz dan lain sebagainya) digunakan pilihan sebagaimana ditunjukkan pada Gambar 7 (misalnya, Ext. Crystal/Resonator High Freq.; Start-up Time: 16CK + 4ms). Bisa juga Anda memilih yang lainnya di sekitar pengaturan tersebut (lihat kembali tabel lengkap di artikel tentang sistem detak pada mikrokotroler AVR). Kemudian klik tombol Write All untuk menuliskan semua pengaturan, termasuk mengatur sumber detak. Selesai!

Gambar 7

Perhatian!

  • Jangan mengubah-ubah pengaturan lainnya kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan.
  • Langkah-langkah yang saya tulis tersebut sudah sering saya lakukan dan tidak ada masalah, sehingga Penulis tidak bertanggung jawab terhadap kesalahan atau kerusakan yang ditimbulkan selama melakukan pengaturan sumber detak tersebut.
  • Tulisan ini hanya berlaku untuk penggunaan perangkat keras pemrogram USBasp dan perangkat lunak pemrogram Khazama AVR Programmer BUKAN yang lainnya.
  • Silahkan melakukan diskusi dengan cara memberikan komentar pada artikel ini, terima kasih.
This entry was posted in Mikrokontroler and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s