Antarmuka Port Serial-1: Unduh Simulator Port Serial

Kali ini saya mempersembahkan sebuah perangkat lunak yang bisa digunakan untuk pembelajaran kontrol melalui port serial. Sebenarnya perangkat lunak ini sudah saya hasilkan sejak tahun 2008 dan saya gunakan dalam kelas-kelas kuliah maupun pelatihan antarmuka dan otomasi sistem. Sekarang sudah waktunya untuk di-share ke seluruh dunia… Keren euy! Oke, silahkan unduh dulu softwarenya disini (cara instalasi ada di dalam RAR-nya).. Baiklah…

Bagaimana menggunakannya?

Versi yang tersedia dalam arsip RAR yang telah Anda unduh adalah versi 2.0, 2.1 dan 2.5. Saya sarankan untuk menjalankan versi terakhir atau 2.5 saja karena sudah banyak perbaikan dari versi sebelumnya. Install Visual Basic 6.0 terlebih dahulu, karena program saya tersebut hanya EXE-nya saja tidak melalui instalasi… Setelah VB6.0 selesai diinstall, Lakukan klik ganda pada program “simkonser2.5.exe“, maka akan ditampilkan kotak dialog dari virtual serial demo, Gambar 1, yang memberitahukan bahwa hanya bisa mengaktifkan COM6 atau COM7, klik ok saja.

Gambar 1

Perhatikan jendela dari simulator port serial, sebagaimana ditunjukkan pada Gambar 2. Klik pada tombol ON, dan perhatikan, komputer akan membunyikan indikator adanya piranti USB yang seakan-akan ditancapkan pada komputer. Tombol COM6 digunakan untuk memilih COM6 atau COM7 yang akan digunakan.

Gambar 2

Setelah mengaktifkan simulator port serial dengan menekan tombol ON tersebut, maka tombol tersebut berubah menjadi tombol OFF (Gambar 3) dan simulator siap digunakan.

Gambar 3

Aktifkan hyperterminal untuk melakukan percobaan pemberian perintah secara interaktif. Pilih COM6 dengan pengaturan 9600,N,8,1, perhatikan Gambar 4.

Gambar 4

Berikut protokol yang dikenal oleh simulator port serial, masing-masing diikuti dengan “enter”:

  • Untuk membaca suhu gunakan perintah “sh”;
  • Untuk mengetahui ID board atau ID Simulator Port Serial gunakan perintah “id”;
  • Untuk menghidupkan semua LED gunakan perintah “a1”, untuk mematikan gunakan perintah “a0”;
  • Untuk menghidupkan LED secara individual gunakan perintah “nomorLED” diikuti “1”, misalnya LED0 menyala gunakan instruksi “01” dan seterusnya, contoh tampilan pada Gambar 5;
  • Untuk mematikan LED secara individual gunakan perintah “nomorLED” diikuti “0”, misalnya LED0 mati gunakan instruksi “00” dan seterusnya;
  • Untuk membaca semua tombol gunakan perintah “ba”;
  • Untuk membaca tombol secara individual gunakan perintah “b0” untuk tombol-0, “b1” untuk tombol-1 dan seterusnya;
  • Bila salah memberikan perintah, akan dikirim “er”;

Gambar 5

Cobalah memberikan perintah-perintah sesuai dengan protokol yang saya berikan tersebut. Learning by doing, silahkan… dicoba dulu sebelum melanjutkan ke artikel berikutnya… Jika sudah selesai klik dulu tombol OFF baru diikuti dengan klik tombol Keluar, terima kasih.

This entry was posted in Mikrokontroler and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Antarmuka Port Serial-1: Unduh Simulator Port Serial

  1. Pingback: Antarmuka Port Serial-2: Aplikasi Visual Basic untuk Membaca ID Alat | Pintar Embedded System

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s